Sunday, April 1, 2012

ARISAN KANCAU LAMAU V


ARISAN KANCAU LAMAU KE V.

SALAM KANCAU LAMAU…!

Rasa-rasanya belum begitu lama kancau lamau mengadakan acara rutin arisan dua bulanan … eh tau-tau sekarang sudah mengadakan lagi… Kali ini yang mendapat giliran adalah di tempat kediaman admin (Edwin) di daerah Depok . Jujur… kami selaku tuan rumah sempat kena syndrome H2C… enggak..! sama sekali nggak ada hubungannya dengan virus H2N1 atau H2N5 itu… H2C disini adalah Harap Harap Cemas… he..he..he.. soalnya, jauh jauh hari Pak Ketua udah sounding… Nanti di rumahnya kancau Edwin akan ada yang khusus yaitu “hidangan ala mandailing atau medan” … begitu tuh katanya…! He.he..he.. peace pak ketu..!  Akan tetapi, Alhamdulillah sepanjang ada niat dan kemauan semuanya pasti Insya Allah bisa terlaksana.

Kalau di beberapa acara arisan kancau lamau yang lalu suasana iklimnya dilingkupi mendung dan hujan, maka di acara kali ini sepertinya penyambutan musim semi eh.. kemarau ding..! Iya, praktis hampir tiga hari sejak jum’at sampai hari H nya Minggu… Jabodetabek kebagian panas yang lumayan menyengat sehingga cukup membuat keringatan… Oh ya, ternyata ada untungya juga dengan adanya long weekend kali ini, banyak warga yang bepergian keluar kota sehingga jalanan praktis lebih lancar, ini pengakuan dari Mas Chairul (suaminya kancau Ates) , dari rumah mereka di Bekasi ke rumah kami di Depok dapat ditempuh dalam waktu hanya 1 jam katanya tanpa ada hambatan macet sedikitpun… mantap…! Harapannya bagi yang lain juga demikian adanya…

Satu persatu kancau lamau mulai berdatangan, diwali dengan keluarga kancau kitau Liana, lalu disusul oleh kancau-kancau yang lain. Oh ya sesuai dengan undangan acara AKL kali ini memang sengaja dimundur satu jam, jadi resminya dimulai pukul 11.00 BBWI,  maklum personil yang ada untuk persiapan acara dirumah nggak banyak jadinya butuh waktu yang agak lama… terima kasih atas pengertian kancaus gegalau wau…

Sambil menunnggu acara dimulai para kancaus beristirahat sambil menikmati minuman kelapa muda, Oh ya kebetulan jalanan didepan rumah lumayan lebar  jadi anak-anak leluasa bermain ditambah juga  ada halaman yang ditanami pohon mangga yang udah tinggi hanya saja buahnya masih kecil-kecil… coba kalo buahnya udah besar-besar pasti seru tuuh… ! Tapi yang namanya anak-anak nggak penting ada buah atau tidak… yang diincer panjat memanjat nya… wuiih dengan lincahnya mereka memanjat pindah dari dahan satu ke dahan yang lain, ternyata walau pun mereka tinggal di kota tapi naluri “NDESO” nya nggak hilang… mantap..! hayo anak-anak… teruskan…!  Om dukung kalian… yang penting hati-hati jangan sampai jatuh..! Yang anak-anak cowok benar-benar happy kayaknya, Azim, Naufal, Gerry, Ziyad seperti berlomba panjat pohon… hi..hi..hi… mirip itu tuh….! Coba tebak..! Mirip apa hayo ..? (Jangan marah yaa anak-anak..) Tapi lucu emang kancau lamau junior.. Kalau yang cewek-ceweknya di komandoi oleh kakak Nadiyah disitu ada Nanda, Adhra sama “anakku” Kyra mereka pada asyik main tiup bublle soap  gak kalah hebohnya juga…

Oh ya, sempat sebelumnya anak-anak cowok nya mau main bola walau panas terik begitu, tapi dicegah oleh bapaknya masing-masing… (kompak ni yee..?) soalnya emang panas banget siih… tapi anak-anak mana mau ngerti … (jujur aja bapak-bapak nya waktu kecil juga begitu khan..? )

Berhubung sudah tidak ada lagi yang ditunggu, akhirnya acara arisan kancau lamau dimulai, diawali dengan kata sambutan dari pak ketua, lalu disusul dengan sambutan dari tuan rumah, tapi ada yang seru niih kali ini, selesai sambutan tuan rumah pak ketua membuka forum terbuka  untuk kancaus yang ingin memberikan saran, masukan, kesan atau apa sajalah, kesempatan ini tidak disia-siakan oleh peserta, “hujan interupsi” (lebay dikit gak pa pa khan..?) terjadi disana sini baik oleh bapak-bapak maupun ibu-ibunya. Sepertinya kran “komunikasi” yang agak tersumbat selama ini mulai lancar…(manas-manasin.com), ada yang nyanyi… eh nanya… mau dibawa kemanaaa… arisan inii…? Tuuh.. mirip syair lagu grup band itu khan..? Trus ada yang curhat menanyakan “KOMITMEN” kehadiran kancaus pada setiap acara arisan, rupa-rupanya ada juga yang diam-diam memperhatikan tingkat kehadiran anggota peserta arisan.. itu boleh-boleh aja koq..! Sebagai bentuk kepedulian kita sesama  anggota, koq si itu nggak pernah datang lagi…? Sementara kita dari jauh bela-belain datang ketempatnya…. Trus yang itu kayak lagu nya Sherina… pertama dan terakhir… nggak nongol-nongol lagi…! Jangan marah yaa kancaus…? Itu semua bentuk kepedulian antar sesama anggota kancau lamau, kita tau semuanya punya kesibukan masing-masing…

“MEMBUAT KOMITMEN BUKAN HAL YANG MUDAH… TAPI MENJAGA TETAP KONSISTEN DENGAN KOMITMEN BUTUH  PERJUANGAN EKSTRA …!”

 Eh mau tau reaksi pak ketua melihat eskalasi dari para konstituen kancau lamau…? (ihh..bahasanya kayak poli TIKUS yang di t eve aja…). Beliau bilang begini… memang, maunya kita kalau bisa semua full hadir dalam setiap arisan, tapi yah barangkali mereka yang nggak hadir punya alasan sendiri dengan kesibukannya masing-masing… tapi yang penting kitau yang selalu hadir ini tetap kompak… jangan jadi ndiak semangat… kitau buktikah… untuk selalu tetap kompak dan konsisten dengan komitmen awal  kitau… ( SETUJUUU…. PAK KETUA…!!!  MERDEKAA….!!! (?)).

Tapi ada baiknya juga buat kancaus yang berhalangan hadir karena alasan yang kuat usahakan SEBELUMNYA memberi tahu / khabar kepada salah satu dari pak ketua, ibu wakil ketua atau ibu sekretaris, setidaknya sebagai bentuk apresiasi kitau terhadap kancau-kancau yang lain… Jadi tetap terjaga dan terjalin komunikasi antar sesama anggota. Jangan nanti sampai  kejadian : SMS nggak pernah…! nelphon nggak pernah…! Pas ditanya kenapa? Jawabnya : AKU NGGAK PUNYA PULSAAA….!!!  HAIYAAA….!!! J Becanda kancaus…(kayak iklan provider yang itu tuh..).

Juga ada masukan dari Pak Tri, Pak Mischa dan Pak Chairul untuk kancau lamau, juga update berita dari Ibu Wakil Ketua Elvianis tentang Manna sekaligus progress aktivitas kancau lamau di Manna menjelang rencana BALIAK BETUNGGAL nanti. Lalu tak lupa juga laporan keuangan dari Ibu Tenny selaku bendahara kancau lamau dan juga informasi dari Ibu Liana selaku sekretaris. Juga ada masukan usulan barangkali kita bisa menambah sumber pemasukan kas diluar iuran tetap.

Sepertinya ini acara open forum terlama menjelang acara puncak (makan siang) yang pernah ada, setelah mendekati jam satu siang baru terlihat tanda-tanda “menyerah” J dari para anggota kancau lamau, akhirnya dilanjutkan dengan  acara puncak makan siang, kali ini tema menu nya “SUMATERA TIMUR” ada sayur ubi tumbuk dengan ikan sale medan, teri medan plus kacang, ayam balado ijo, mie aceh, es kelapa muda dan bubur kacang ijo ketan hitam. Wah, saatnya untuk memanjakan lidah nih soalnya dari tadi ngobrol mulu sampai lupa makan siang nya… (lupa…? No comment…. J).

Cuaca yang panas tapi di temani oleh hembusan angin sepoi-sepoi dari luar  membuat suasana makan jadi semangat, semua khusyuk dengan hidangannya masing-masing bahkan ada yang sampai keringatan setelah makan mie aceh plus sambelnya yang super pedas… ha..ha..ha.. seru deh pokonya.
Selesai santap siang acara dilanjutkan dengan “forum diskusi bebas”, ada yang asyik ngobrol di teras, ada yang di ruang tamu dan juga ada yang sholat dzuhur, sementara Ibu-ibu nya asyik “diskusi” sambil rebahan di karpet… xi..xi..xi… lucu juga kalo dilihat-lihat gak jauh beda ama junior kancau lamau… J. Topik obrolan kali ini so pasti “hot issue” kenaikan BBM, ternyata pendapat bapak-bapak kancau lamau ini gak jauh beda lho dengan para ahli-ahli itu, mungkin kalau dirangkum terus dibuat semacam “PETISI KANCAU LAMAU” dan lalu diteruskan ke pemerintah itung-itung sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan… keren nggak tuuh…? ( enggak…!!! he..he..he… NGIMPIII….!!!? Tuh kan kayak iklan lagi...).

Sementara itu anak-anak kembali asyik bermain, setelah merasa cukup mendapat asupan energy dan kalori santap siang tadi, kembali mereka melampiaskan hasrat bermainnya yang belum tuntas, pohon mangga mau nggak mau harus rela jadi sasaran mereka kembali  oleh anak-anak cowok sementara anak-anak ceweknya main di bawah pohon… Oh ya “CURCOL” (curhat ngocol) sedikit boleh yaa… “anakku” Kyra itu entah kenapa lebih cepat akrab dan lebih suka main sama anak cowok’ jadinya suka ikut-ikutan mau manjat-manjat pohon gitu… dia bilang dia punya best friend namanya… abang Azim (anak kancau Liana) he..he..he.. jadi kemana-mana lebih sering ikutan main sama anak cowok . Ketika anak-anak cowok main bola juga pengen mau ikutan main… rasa-rasanya  kalo boleh disimpulkan acara Arisan Kancau Lamau kali ini miliknya anak-anak… selain juga milik orang tua nya tentunya terutama session open forum sebelum makan siang tadi… ( upps…! dibahas lagi…! Maaf…! keceplosan… J )

Tak terasa hari sudah sore, matahari yang tadi seperti nya memancarkan “amarah” panas nya sekarang sudah tampak “cooling down” mencoba berdamai  menyinari bumi dengan cahaya teduhnya , suasana yang pas buat ngopi sama makan cemilan atau makanan ringan, makan bubur kacang ijo dan ketan hitam jadi pilihan berikutnya sambil diselingi dengan obrolan-obrolan ringan di timpali dengan canda tawa kancau lamau. Momen seperti ini rasanya nikmat sekali walaupun cuma bisa dirasakan dua bulan sekali … semoga berkelanjutan terus.

Saat perpisahan pun tiba, tapi sebelumnya kurang afdol rasanya kalau tidak dilengkapi dengan yang satu ini… PHOTO SESSION…! Perlu diketahui bahwa hal ini menjadi bagian wajib dari begitu banyak deretan susunan acara arisan kancau lamau, tanpa photo-photo gak seru…! Kembali model-model dadakan bermunculan, bapak-bapak sih biasa-biasa aja karena jam terbang nya jadi “COVER BOY”  udah cukup lama… tapi Ibu-Ibu nya rada heboh… eh tunggu dulu dong…! belum sisiran nih…!, ntar dulu merapikan pakaian dulu…! Alhasil, cermin besar yang ada di ruang keluarga harus rela “DIANTRI dan DIGILIR” sama Ibu-Ibu.. hii..hi..hi… kocak abis deh pokoknya…! J J J….

Selesai photo-photo dilanjutkan dengan pamitan antar anggota kancau lamau, satu persatu mohon diri… tapi rasa-rasanya nggak ada yang paling sedih selain “anakku KYRA”, dia menangis di gendonganku dengan berurai air mata melihat “teman-teman barunya” pergi meninggalkan nya… butuh waktu cukup lama untuk menenangkannya dan membuat dia kembali nyaman… tapi itulah anak-anak pertemanan yang TULUS TANPA PAMRIH… baru saja mereka contohkan bagi kita… pesan moral nya semoga KETULUSAN dari pertemanan anak-anak kita, bisa kita teladani.. yah, tulus tanpa pamrih.. apa adanya tidak memandang materi, jabatan tapi murni… PERSAHABATAN…! RASA TULUS dan TANPA PAMRIH itulah “KIAT atau JURUS AMPUH” untuk tetap membuat kita menjadi  KONSISTEN dengan komitmen awal.

 Salam kompak selalu… Salam kancau lamau..!! Sampai bertemu di AKL berikutnya di kediaman kancau Tenny…  Mohon maaf kalau ada kata-kata yang tidak berkenan di hati kancaus gegalawau…

PS : Untuk Pak Tri, terima kasih sudah menjadi  “ICE BREAKER”  dan sekaligus memberikan  pencerahan buat kita semua, bapak mengajarkan kita satu hal : “ katakanlah sesuatu itu walaupun kenyataannya pahit sekalipun” tapi semua itu untuk kebaikan kita semua…!

3 comments:

  1. Sip,sayang nih q nggak bisa hadir!Rindu rasanya bergabung bersama kalian.tapi berhubung berat diongkos (bkl-jkt PP aja udah berapa cing..!),ya...terpaksa menahan hasrat dihati !Bak pepatah bilang,nggak ada rotan kawatpun jadi...hehe,maksudnya nggak bisa hadir baca kronologisnya aja lumayanlah...!yg pastinya serasa benar2 berada diantara kalian semua sobat..!Do'ain aja suatu saat ku bisa dtng lagi dlm suasana kebersamaan kalian..amien!Salam tuk semua klga disini pak edwin..!smga pas acara baliak betunggal kalian sklga bisa ikut mudik,jgn lupa ajak bidadari kecilmu si Kyra.

    ReplyDelete
  2. Trims Win tulisan dan ceritanya...apa adanya dan sesuai dengan kenyataannya.
    Oya, titip salam sama si mungil, Kyra 'anak'mu. Kyra, you have just got a best friend..Azim. iya, jadi ingat waktu kita2 mau pulang..kata Azim, Kyra nangisnya kejer banget..kasian Ma.!..hehe. Surprise juga, Kyra accent lidah Inggrisnya udah terbentuk..udah lmyn banyak vocab yang dia kuasai untuk anak asli Indo seumuran dia...siapa dulu 'bapak'nya...wkwkwk (jangan GeEr Win.!.)

    @Helda...rugi nian kaba Da ndiak datang...awu, lain waktu kami tunggu kehadiran kaba luak dulu...jgn lupau batak oleh2..paling ndiak oleh2 banyak ceritau ttg Bengkulu dan Manna tercinta..pasti seru.!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat Helda dan Liana trims atas responnya... semoga menjadi penyemangat buat admin untuk terus meng-update blog ini... Salam dan pesannya sudah disampaikan... sekali lagi terima kasih...

      @Helda, walaupun secara fisik kancau ndiak hadir, tapi percayaulah semangat kancau Helda serasa beradau di tengah-tengah kami... :-)

      Delete

Silahkan memberikan komentarnya, tolong hindari komentar yang mengandung unsur SARA... terima kasih.