Wednesday, June 8, 2011

WELCOME TO MANNA KOTA KENANGAN

     Dibalik bukit barisan,disana dipantai selatan
     Itulah manna yang aman,manna kota kenangan
     
   Itulah sebait lagu tentang sebuah kota kecil yg disebut kota manna.Bagi orang yg belum pernah kekota ini tentu sangat ingin tau ada apa dikota ini?Mengapa dia punya semboyan kota kenangan?
Kota sejarah kah ia?Atau setidaknya punya hal tersendiri untuk bisa dibanggakan?
Beribu pertanyaan itu tentulah sulit untuk dijawab,karena manna pada dasarnya bukanlah sebuah kota yg istimewa.Manna hanyalah sebuah kota kecil diarah selatan Provinsi Bengkulu.Letaknya pun hanya berjarak +/- 145 km dr Provinsi Bengkulu.
Agar lebih pas....yuk kita jalan2 ke kota manna...!

Turun dari pesawat(cie...kayak orang dari jauh aja!)di bandara fatmawati bengkulu,kita langsung menuju arah selatan.Dengan sebuah mobil mewah,kita langsung menuju kota manna.Perjalanan terkesan lambat,itu karena byknya lobang sepanjang jalan..!
Melewati hutan,dusun,hutan lagi,jembatan,dusun lagi,jembatan lagi.......rmh nenek(hahaha...emang film Dora!).
Eit...pak sopir berhenti....ada orang jual petai, durian,cempedak,kemang,dll!Beli...beli...beli!
Perjalanan berlanjut dg mobil penuh bau duren....!
                  SELAMAT DATANG DI MANNA KOTA KENANGAN
Itulah kata yg pertama kali terbaca oleh kita pas sampai di padang panjang.
Pertama kali yg kita inginkan adalah mengelilingi jln2 di kota manna.Dari padang panjang,tanah lapang,belok kiri SD 1 danSD 9,belakang gedung,mandi angin,sudut lupis,duayu,ketapang SD 3 dan 4,pasar ampera,SMA 1,ayiak abang,rukis,ibul,kutau,SMA 2,batang bangau,jndr sudirman,maria affan,SMP 3,siwak kustila,pama suki,SD 2 dan 8.Pusiiiiiiiig!Mampir dulu ah di es kolak tanah lapang.....!Kuliner....segar!
Eh...ada yg terlupakan,kita cari angin segar di Pantai Pasar Bawah!
        
                Ombak memecah angin mendesir
               Niur melambai memuja dikau....

Semilir angin sepoi2 memanjakan rambut2 yg terurai,membuat kedamaian di dlm jiwa dan raga kita.Dipojok sana duduk sepasang remaja yg sedang memadu cinta.Menambah suasana pantai yg alami menjadi lebih bergairah dg gelora asmara mereka.Anak-anak.......wow udah pada lari kebibir pantai,kata mereka tak lengkap rasanya kepantai kalau kaki belum menyentuh air laut.Awas,ada ombak besar......!Byuur...!Terlambat.......la basah kuyup,teduduak pulau di dalam ayiak....!Hahaha.....keluar bhs manna au.Kepalang tanggung pakai bahasau manak ajaulah......!.Duduak di pucuak motor honda lamau,nginak i jemau bepekiakan dg anak au.Nunggu aghi petang,ndak nginak matauaghi tebenam....!
Alamak......alap nian pulau...!Kinak an galau....apau agi dg suasana panas nyengat luak ini....!Ndiak terasau aghi la malam pulau....baliak kudai awu?.Makan malam lateidang,gulai liling,pendap,rebung asam,umbut,ikan palau undak terung,mungkus,tempuyak,kembaang undak kasam,dll..dll.Kenyang...Tinggal tekedadak ditengah lepau....!

              Walau sunyi dimalam hari,namun indah dikala senja
              Indah tempat pemandian kasih,manna kota kenangan

Nyelah nian katau lagu diatastu,sunyiau malam...adau jugau bunyi sesiagh melengking,dan bebeliak gemerenyipan luak bintang turun keduniau.Aku masiah tebayang dg pantai tadi.Adau kesan luak apaulah di ati akuni....!Entah,ndiak pacak mbayangka diau...!Ngantuak.....tiduak kudai...!Pagi aku musti berangkat agi,adau yg harus kukejar dan kugapai di rantau situ.

              Walaupun jauh dirantau,berkelana di sebrang laut
              Namun Engkau tak kulupakan,manna kota kenangan

Inilah manna,sebuah kota kecil yg tidak ada istimewanya.Nggak ada yg bisa kami banggakan darimu,namun kamu punya harga buat kami.Kami yg pernah tinggal disitu akan merasakan sebuah memori yg sulit utk kami buang,entah mengapa....!Ini kali yg disebut memori daun pisang.....rendah namun teduh dihati.Kini mmg kami jauh darimu,namun tidak untuk hati ini.Dimanapun....kau tetaplah akan selalu lekat dihati....I LOVE YOU FULL.

                                                                                                        Medio 89

NB:Ini hanya sebuah catatan utk kita mengingat kota kita,mudah2an ada sisi atau pojok yg ditulis membuat kita terkenang akan sesuatu,baik tempat,makanan atau juga bahasa.Amien.


 

3 comments:

  1. Wah, menarik sekali tulisan kancau kitau ini... Saya pribadi menghabiskan masa kecil ( SD sd SMP kelas 1 di Manna. Banyak kenangan masa kecil yang manis yang tak pernah dilupakan... mulai dari teman2 disekolah SD Belakang Gedung,teman2 SMP3, teman2 sepermainan dirumah di Duayu...yg paling berkesan waktu hari Minggu kami ramai2 ke bagian hulu "aiak manna" terus dgn menggunakan ban dalam mobil menyusuri aiak manna sampai ke muara pantai pasar bawah... sumpah...! asyik banget... nggak nyangka dulu waktu kecil kami udah melakukan apa yg sekarang di sebut arung jeram (hhhmmm...).
    Hilda thanks for your writing...it's remaind me to my waktu keciak... Oh ya kalau ada photo tentang manna dulu or sekarang jangan ragu2 untuk disertakan... :)

    ReplyDelete
  2. oke,insya allah aku bisa menghadirkan dan selalu membangkitkan kenangan masa kecil kita di kota manna,supaya rasa cinta kita tak lekang oleh waktu.

    ReplyDelete
  3. itu lagu konon diciptakan oleh orang2 jawa yg pindah ke manna,sayangnya ga ada versi mp3 nya ya,, aku jg menghabiskan masa kecil di manna dr lahir 1989 ampe 2002,,dan alhamdulillah thn 2013 q bs ksna lg.byk perubahan terutama dr pergaulan sosial nya.sdh tak sprti dl.manna kota kenangan

    ReplyDelete

Silahkan memberikan komentarnya, tolong hindari komentar yang mengandung unsur SARA... terima kasih.